Pembuatan Kolam

A.  Pembuatan Kolam Pembesaran

Dibandingkan dengan usaha pembenihan, usaha pembesaran lele sangkuriang tak terlalu membutuhkan lahan yang luas.

Sebagai contoh untuk ukuran 5×2 m dengan benih 1000 ekor benih lele sangkuriang dan dapat menghasilkan lele konsumsi sekitar 1 s/d 1,5 kuintal.

Baiklah sekarang kita coba untuk merakit kolam, material yang dibutuhkan untuk membuat kolam untuk melakukan usaha budidaya dan pembesaran Lele Sangkuriang ini adalah:

  • Ø Bambu dengan ukuran diameter diatas 4 cm.

Bambunya harus sudah kering, tua dan berserat padat. Sehingga tidak mudah busuk atau rusak hingga usia penggunaan lebih dari 2 (dua) tahun.
 

  • Ø Terpal Plastik yang tebal dan berkualitas baik.

Dimana serat terpal plastik harus padat dan tidak mudah bocor. Bukan hanya tidak bocor semata, material plastik juga harus baik. Dimana bahan pembuatan terpal ini juga tidak mudah luntur atau mengelupas sehingga malah bisa mencemari air kolam tempat ikan Lele Sangkuriang dipelihara.
 

  • Ø Sekam padi, sebagai alas tempat Terpal Plastik diletakkan.

 Langkah yang harus dilakukan:

  •  Tancapkan tiang bambu kedalam tanah, dengan jarak 1 meter antar tiang, secara rapi mengelilingi areal kolam atau sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. (5×2 meter = untuk pemula, 10×5 meter = Skala usaha atau 12×8 meter)

  •  Bambu dibelah menjadi ukuran 2-3 cm. Ukuran panjang bambu yang dibelah, sesuaikan dengan stok bambu yang dimiliki.
  • Paku atau ikat bambu yang dibelah secara horizontal, memanjang mengikat antar tiang yang sudah ditancapkan. Pada sisi bawah kolam dengan tingkat kerapatan yang lebih padat, supaya menjadi penyangga Terpal Kolam yang nantinya akan diisi air. Semakin keatas bisa semakin longgar. Bila lengkap padat dari sisi bawah ke sisi atas juga tidak masalah?! cuma akan dibutuhkan jumlah bambu yang lebih banyak.
  •  Bila sudah selesai rangka kolam yang terbuat dari bambu. Selanjutnya pada dasar tempat Terpal Plastik kolam akan dipasang, ditebar dengan sekam padi secara merata. Maksudnya agar Terpal Plastik tidak mudah robek atau bocor saat petani atau pekerja masuk kedalam kolam. Dan juga agar benih ikan Lele tidak mudah terluka disaat berbenturan dengan dasar kolam akibat perkelahian dan kejar-kejaran antar benih Lele dalam kolam pemeliharaan.
  •  Lalu sisi tepi Terpal Plastik (bagian bibir atas kolam) dipaku atau diikat secara rapat dan merata pada seluruh keliling Terpal Plastik. Tujuannya agar Terpal Plastik solid, kuat dan rapat terikat. Sehingga tidak mudah robek karena menanggung beban berat air dalam kolam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: